CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Senin, 21 Maret 2011

Software Open Source

Di Indonesia sebagian orang lebih mengetahui software berbayar ketimbang software open source . Hal tersebut dikarenakan brand dari software berbayar tersebut lebih familiar ditelinga meraka. Namun peredaran software berbayar di Indonesia lebih banyak yang bersifat illegal (bajakan), dimana ketika kita membeli software tersebut biasanya kita harus mendapatkan serial number dari keygen ataupun list serial number yang tidak legal ataupun harus meng-crack software tersebut.

Lain halnya dengan software open source, software tersebut memberikan softwarenya secara gratis kepada pemakainya bahkan source programnya dapat diberikan secara cuma-cuma kepada pemakainya. Hal tersebut dikarenakan software open source dapat dikembangkan oleh segala pihak. Sehingga setiap pemakainya dapat mengembangkan software tersebut atau hanya memakai software tersebut.


Kelebihan dari software open source antara lain :

1.Sifatnya yang legal dan tidak membutuhkan biaya
Karena software open source dikembangankan secara bersama-sama maka software tersebut dapat dipakai oleh siapa saja secara legal dan juga tidak ada biaya yang dikenakan jika kiat ingin memakai software tersebut, hanya cukup dengan mendownloadnya.

2.Manual book atau cara pemakaian software mudah didapat dan banyak
Ketika kita mencoba suatu software maka kita perlu belajar cara pemakaiannya logika dan struktur penulisannya program dan hal-hal lain dalam software tersebut sehingga kita dapat dengan mudah menggunakan software tersebut. Pada software open source terdapat banyak tutorial atau manual book untuk memp[elajari software tersebut, bahkan terkadang tersedia dalam berbagai bahasa, dikarenakan pengemabanganya tersebar di berbagai negara. Dan juga tidak hanya terdapat satu tutorial yang diterbitkan melainkan banyak versi dari manual book atau tutorial sehingga kiat dapat memilihnya dan mempermudah kita jika bertemu suatu masalah dalam software tersebut.

3.Perkembangan cukup cepat
Karena pada software oen source pengembangnya tidak hanya pada team development software tersebut melainkan juga pemakainya dapat menjadi pengembanganya sehingga pengembangan software tersebut dapat dilakukan dengan cepat.

4.Kemudahan modifikasi
Pada software berbayar biasanaya pemodifikasian terhadap kebutuhan pemakainya sulit bahakan beberapa software tidak mendukung walaupun ada beberapa software yang dapatmelakukan hal tersebut. Sedangkan pada software open source modifikasi sesuai dengan kebutuhan pmakai dapat dilakukan dengan mudah karena source yang digunakan disebarkan secara gratis sehingga pemakai dapat memodifikasi aplikasi sesuai keinginannya


Kekurangan Software open source antara lain

1.Pemakaiannya terkadang cukup sulit untuk pemula
Pada software berbayar aspek kemudahan dalam pengoperasiannya sangat diperhatikan oleh pengembangnya . sedangkan pada software open source anda harus membiasakan terlebih dahulu dengan alur kerja ataupun bentuk dari software tersebut . Terlebih untuk yang biasa menggunakan software yang berbayar.

2.Pemakai harus aktif dalam mengetahui perkembangan software tersebut
Pada software berbayar biasanya terdapat iklan terhadap versi software terbaru dari yang mereka keluarkan. Sedangkan pada software open source biasanya kita yang narus aktif dalam mengetahui perkembangan software tersebut karena perkembangannya yang cukup pesat.

3.Harus pintar dalam memilih versi software open source
Perkembangan software open source yang cukup sepat mengakibatnya banyaknya versi yang dikeluarkan pada suatu software. Terkadang versi dari software yang keluar belum stabil atau masih terdapat bug sehingga pemakai haru pintar dalam memilih versi yang ada.


CMIIW

0 komentar: