CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 02 Maret 2011

Estonia Diserang Jutaan Zombie Cyber

Cyber crime mempunyai sasaran yang cukup luas mulai dari perorangan (individu) sampai dengan Negara. Salah satu kasus cyber crime terbesar pernah terjadi pada tahun 2007 yang menyerang Negara Estonia. Pada april – mei 2007 negara Estonia mengalami kelumpuhan yang disebabkan oleh jutaan zombie cyber,ciptaan robot network atau botnet. Kelumpuhan itu meliputi operasional pemerintahan,perbankan,hingga aktivitas warga.

Serangan tersebut disebabkan oleh keputusan pemerintah untuk memindahkan sebuah patung perunggu peringatan perang Soviet di ibu kota Estonia,Tallinn.Pemindahan itu menuai protes Rusia dan menimbulkan kerusuhan di antara etnis Rusia di Estonia.Rusia kemudian disebut-sebut dibelakang serangan cyber tersebut.

Petrus Reinhard Golose dalam bukunya berjudul Seputar Kejahatan Hacking:teori dan studi kasus menjelaskan,botnet merupakan program berbahaya yang dapat menyusup dalam banyak jaringan komputer.Komputer yang disusupi itu lalu beralih menjadi pasukan zombie,yang dapat dikendalikan secara lintas negara untuk menyerang system jaringan komputer yang menjadi target.

Modus dari cybercrime ini adalah Cyber Sabotage and Extortion, Kejahatan ini dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan Internet. Biasanya kejahatan ini dilakukan dengan menyusupkan suatu logic bomb, virus komputer ataupun suatu program tertentu, sehingga data, program komputer atau sistem jaringan komputer tidak dapat digunakan, tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau berjalan sebagaimana yang dikehendaki oleh pelaku.


Dalam kasus Estonia,diperkirakan sekitar satu juta komputer dari wilayah Amerika Serikat hingga Vietnam dijadikan pasukan zombie untuk menyerang system jaringan di Estonia.Akhirnya, Mei 2008 Estonia dan enam sekutu Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) membentuk pusat komando perang cyber untuk menangkal serangan online yang mungkin melanda mereka.

Sumber :
http://cetak. kompas.com/ read/xml/ 2008/11/24/ 01512899/ cyber.crime. bukanlah. kejahatan. maya
http://www.ex-trick.co.cc/2010/12/5-peristiwa-cyber-terdahsyat-sepanjang.html

0 komentar: