CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 02 Maret 2011

Pencurian 1,5 juta akun facebook

Facebook merupakan salah satu jejaring social yang sedang digemari dan mempunyai anggota atau pemilik akun yang banyak dari berbagai Negara. Namun pada tanggal 5 mei 2010, ada sebuah berita yang mengabarkan bahwa seorang hacker telah mencuri 1,5 juta akun facebook yang kemudian dijual ke black market, akun-akun tersebut ditemukan pada sebuah forum rusia yaitu carder.su.

Seorang hacker yang diberi nama 'kirllos' itu menawarkan log-in data dari ribuan pengguna Facebook dengan harga sangat murah. Akun Facebook dengan jumlah teman kurang dari 10 hanya dihargai 25 dolar AS atau sekitar Rp 230 ribuan, sementara akun yang memiliki teman lebih dari 10 dijual dengan harga 45 dolar AS atau sekitar Rp 400 ribuan.

Diketahui bahwa pencurian akun tersebut biasanya melakukan pencurian dengan menggunakan teknik phising yaitu dengan membuat halaman web palsu sehingga pengguna akun memasukan username, password sehingga mereka dapat menggunakan informasi pribadi pengguna Facebook termasuk tanggal lahir, alamat dan nomor telepon untuk melakukan penipuan identitas.

Facebook sendiri telah membentuk tim keamanan untuk memantau jaringannya dari kegiatan yang mencurigakan, seperti permintaan banyak teman dalam waktu singkat dan tingkat tinggi permintaan teman yang diabaikan. Pengguna yang mencurigai akun mereka telah di-hack dapat melaporkan hal tersebut melalui Help Center.

Modus cyber crime ini masuk ke dalam jenis Data Forgery, merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scripless document melalui Internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi "salah ketik" yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku karena korban akan memasukkan data pribadi dan nomor kartu kredit yang dapat saja disalah gunakan.

Di Indonesia penipuan semacam ini mulai marak juga dengan membuat halaman login facebook palsu sehingga pemilik akun yang kurang hati-hati memasukan username serta password mereka pada halaman web tersebut. Biasanya halaman login palsu tersebut mereka masukan di dalam thread di forum-forum yang biasanya menawarkan aplikasi facebook ataupun hal lain namun memasukan link palsu ke dalam thread tersebut sehingga pemilik akun facebook melakukan login melalui halaman palsu tersebut Namun hal tersebut dapat dihindari dengan cara lebih teliti dalam melihat bentuk halam login facebook, biasanya halaman login yang palsu mempunyai tampilan yang mirip namun berbeda dengan yang aslinya. Serta hal yang paling mencolok adalah alamat url facebook yang tidak wajar ketika login.

Sumber :
http://www.ex-trick.co.cc
http://www.dailymail.co.uk
http://www.ex-trick.co.cc/2010/05/hacker-jual-15-juta-akun-facebook-di.html
http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-1272118/Facebook-login-details-1-5million-users-sale.html
http://www.ubb.ac.id/menulengkap.php?judul=DEFINISI%20PENGERTIAN%20DAN%20JENIS-JENIS%20CYBERCRIME%20BERIKUT%20MODUS%20OPERANDINYA&&nomorurut_artikel=353

0 komentar: