CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 02 Maret 2011

Mengenang John Comrade

Pada usiannya yang ke 16 tahun Jonathan Joseph James, alias Jon atau Comrade, ia mencatat sejarah sebagai remaja termuda pertama yang dihukum secara federal untuk jenis tindak pidana hacking karena telah menjebol sistem keamanan NASA.

Pemuda kelahiran 12 Desember 1983 di Miami, Florida Amerika Serikat ini sejak umur enam tahun sudah paham dan menguasai seluk beluk dari komputer Windows hingga Linux yang ada di rumahnya. Bahkan, ketika orang tuanya bertengkar akibat perilakunya yang selalu 'begadang' karena asyiknya bermain komputer, kemudian menyita PC (personal computer) miliknya. Dengan sifatnya yang keras kepala, Ia nekat kabur dari rumah dan meminta PC-nya dikembalikan."Saat itu, usianya 13 tahun, dan ia melarikan diri dari rumah, lalu menelepon ibunya untuk menyatakan bahwa dia tidak akan kembali kecuali jika ia mendapatkan PC-nya kembali. Bahkan, dia sudah mampu melacak keberadaan orang tuanya yang tengah berada di jalan Borders Books," kenang Robert James, ayahanda Jonathan James.
Namun kiprahnya di dunia hacker cukup singkat karena pada Pada 18 Mei 2008, kiprah James berakhir terlalu cepat. Ia ditemukan bunuh diri di rumahnya akibat luka tembak. Namun kematiannya masih misteri karena banyak pihak yang menyebut kematiannya tidak wajar karena ia merupakan sosok pencuri identitas sepanjang sejarah di Amerika Serikat sehingga banyak yang menginginkan dirinya sebagai kambing hitam.

Berikut sepenggal kalimat dari pesan terakhir yang di tulisnya; "Aku tidak memiliki kepercayaan di dalam 'keadilan' sistem, mungkin tindakan saya hari ini, dan surat ini, akan mengirim pesan kuat kepada publik. Bahwa saya telah kehilangan kontrol atas situasi ini, dan (jalan) ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali kontrol tersebut."

Berikut beberapa tindakanya yang membuat istansi pemerintahan Amerika Serikat (seperti NASA, Departemen Keamanan AS, di Departemen Pertahanan ) kelabakan atau pihak pemerintah menilainya sebagai Cyber crime:
1.Pembobolan sistem keamanan Defense Threat Reduction Agency, yang merupakan cabang dari Departemen Keamanan AS. James berhasil mencuri username, password dan melihat e-mail rahasia milik Negara
2.Menembus Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama, dan men-download perangkat lunak pengendalian lingkungan untuk International Space Station yaitu sebuah program yang mengontrol suhu dan kelembaban di stasiun ruang hidup.
3.Menginstal backdoor ke server Badan Pertahanan DTRA atau badan di Departemen Pertahanan yang bertugas untuk mengurangi ancaman terhadap Amerika dan sekutu-sekutunya dari nuklir, biologi, kimia, konvensional dan senjata khusus. Backdoor yang ia ciptakan memungkinkan dia untuk melihat email sensitif dan menangkap nama pengguna dan sandi karyawannya.
4.encuri perangkat lunak seharga US$1,7 juta atau sebuah software yang berkaitan dengan stasiun ruang angkasa internasional milik NASA, di dalamnya mengatur suhu dan kelembaban di ruang angkasa. Karena ulahnya, NASA harus menutup dan men-set ulang semua jaringan komputernya dan memakan biaya hingga US$ 41.000.

Sumber :
http://www.ex-trick.co.cc/2010/03/john-comrade-hacker-termuda-dan.html

0 komentar: