CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 02 Maret 2011

Pesan dari Melissa

Tahun 1999 merupakan tahunnya virus Melissa. Worm yang termasuk kedalam kategori virus makro, Virus Macro adalah virus yang memanfaatkan fasilitas pemrograman modular pada suatu program aplikasi tertentu. Tujuan dari fasilitas pemrograman modular ini adalah untuk memberikan suatu kemudahan serta membuat jalan pintas bagi aplikasi tersebut. Misalnya saja yang terdapat pada Microsoft Word, Excel, Power Point dan lain sebagainya.

Pembuatnya David L Smith membuat virus itu menyebar via email dengan dokumen “Here is that document you asked for, don’t show it to anybody else.”. Jika file tersebut dibuka maka , virus akan replikasi dan otomatis mengirim ke top 50 di address book email melalui MS Outlook. Kemudian virus tersebut biasanya menjangkit ke file MS word, Excel dan Power Point.

Akibatnya Microsoft Outlook terpaksa mematikan sistem e-m/-nya, untuk mencegah penyebaran lebih jauh virus ini. Kerugian yang ditimbulkan begitu fantastis karena hampir mencapai Rp6 triliun. Sedangkan David L Smith yang pembuatnya dipenjara selama 20 bulan serta denda $5000 dan melarang akses komputer tanpa pengawasan.

Sumber :
http://www.maubaca.com/tag/melissa/
http://www.oktri.co.cc/2010/02/sejarah-dan-masa-depan-virus-komputer.html
http://www.scribd.com/doc/27682626/Bab-i-Pembahasan
http://bataviase.co.id/node/145455

0 komentar: