CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 07 Maret 2010

Steganografi

Teknik menjaga kerahasiaan pesan tidak hanya dengan menggunakan kriptografi. Ada teknik lain yang sudah digunakan sejak berabad-abad lalu, yaitu stegano grafi. Steganografi adalah ilmu dan seni menyembunyikan pesan rahasia di dalam pesan lain sehingga keberadaannya tidak dapat diketahui.misalnya pengirim menyembunyikan pesan rahasia di dalam tulisan ini.

Gerakan orang-orang yordania enggan ambil resiko

Yang dalam hal ini huruf awal setiap kata bila dirangkai akan membentuk pesan rahasia :
Good year

Steganografi berasal dari kata yunani, yaitu “steganos” yang artinya “tulisan”tersembunyi. Steganografi sangat kontras dengan kriptografi. Jika kriptografi merahasiakan makna pesan sementara eksisensi pesan tetap ada,maka steganografi menutupi keberadaan pesan . Steganografi dipandang sebagai kelanjutan kriptografi dan dalam prakteknya pesan rahasi yang disembunyikan dapat dienkripsi terlebih dahulu, kemudian cipherteks disembunyikan di dalam media lain sehingga pihak ketiga tidak dapat deiktraksi kembali persis sama dengan aslinya.steganografi membutuhkan dua property yaitu media penampung dan pesan rahasia. Media penampung umumnya digunakan adalah gambar, suara video, atau teks. Pesan yang disembunyikan dapat berupa artikel, gambar, daftar barang, kode program, atau pesan lain.
Keuntungan dari steganografi dibandingkan dengan kriptografi adalah bahwa peasan yang dikirim tidak menarik perhatian sehingga media penampungan yang membawa pesan yang dikirimkan tidak menmbulkan kecurigaan bagi puhak ketiga. Ini berbeda dengan kriptografi dimana cipherteks menimbulkan kecurigaan bahwa pesan tersebut merupakan pesan rahasia.

Dikutip dari Kriptografi,Rinaldi Munir

0 komentar: