CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 07 Maret 2010

Pretty Good Privacy

Pretty Good Privacy atau PGP dikembangkan oleh Phil Zimmermann pada akhir tahun 1980. Pada mulanya akhir, PGP digunakan untuk melindungi e-mail dengan memberikan perlindungan kerahasiaan dan otentikasi. Data Ini PGP hanya ditujukan untuk keamanan e-mail, tetapi juga untuk keamanan berbagai file dan program pada personal computer.
PGP menggunakan kriptografi simetris dan kriptografi kunci-publik. Oleh karena itu, PGP mempunyai dua tingkatan kunci yaitu kunci rahasia(simetri) yang disebut dengan session key untuk enkripsi data, dan pasangan kunci privat-kunci public untuk memberikan tanda tangan dan melindungi kunci simetri. Kunci simetri hanya dipakai sekali dan dibuat secara automatis dari gerakan mouse dan ketikan tombol kunci.
PGP tersedia sebagai software freeware maupun sebagai paket komersil dalam berbagai versi yang dapat dioperasikan dalam berbagai system operasi. PGP versi awal menggunakan IDEA sebagai alogaritma simetri dan RSA sebagai alogaritma kunci public, sedangkan versi-versi terakhir menggunakan alogaritma CAST sebagai alogaritma simetri dan alogaritma DH sebagai kunci-publik.

Dikutip dari Kriptografi,Rinaldi Munir

0 komentar: